التبيان في اداب حملة القرآن
فصل في البكاء عند قراءة القرآن
Menerangkan menangis ketika membaca Al-Qur'an
قد تقدم في الفصلين المتقدمين بيان ما يحمل على البكاء في حال القراءة، وهو صفة العارفين، وشعار عباد الله الصالحين، قال الله تعالى ( ويخرون للاذقان يبكون ويزيدهم خشوعا) الاسراء
Telah selesai dalam dua fasal (Pemisah /sub Bab) keterangan sesuatu yang mendorong untuk menangis dalam keadaan membaca Al-Qur'an, itu adalah sifat (gambaran) orang yang ma'rifat kepada Allah SWT, dan tanda hamba Allah SWT yang saleh, Allah SWT berfirman: dan mereka tersungkur atas dagunya dalam keadaan menangis dan semakin bertambah khusu'
وقد وردت فيه احاديث واثار السلف كثيرة، فمن ذلك عن النبي صلى الله عليه وسلم ( اقرؤوا القرآن وابكوا، فان لم تبكوا فتباكوا)
Telah datang pada beberapa hadits dan banyak (dawuh) ucapan para ulama salaf, diantara itu adalah sabda nabi muhammad saw: (bacalah Al-Qur'an dan menangislah, apabila kamu tidak bisa menangis maka paksalah untuk menangis)
وعن عمر بن الخطاب رضي الله عنه: انه صلى بالجماعة الصبح فقرأ سورة يوسف، فبكى حتى سالت دموعه على ترقوته، وفي رواية: انه كان في صلاة العشاء فيدل على تكريره منه، وفي رواية: انه بكى حتى سمعوا بكاءه من وراء الصفوف.
Diceritakan dari umar bin khottob RA, sesungguhnya beliau sholat subuh berjamaah membaca surat yusuf, kemudian beliau menangis keluar air mata hingga sampai ditenggorokannya, dan dalam satu riwayat: sesungguhnya beliau (umar) sholat isya, dan hadits ini menunjukkan beliau menangis berkali-kali, dan dalam riwayat yang lain diterangkan bahwa menangis sehingga terdengar dari barisan belakang.
وعن أبي رجاء قال: رايت ابن عباس وتحت عينيه مثل الشراك البالي من الدموع. وعن ابي صالح قال :قدم ناس من اهل اليمن على ابي بكر الصديق رضي الله عنه فجعلوا يقرؤون القرآن ويبكون، فقال ابو بكر الصديق رضي الله عنه: هكذا كنا.
Dari abu roja' berkata: saya melihat dibawah mata ibnu abbas seperti tali sandal yang rapuh karena air mata. Dari sholih berkata: penduduk yaman bertamu pada sahabat abu bakar assiddiq RA dan mereka membaca Al-Qur'an dan menangis, abu bakar berkata: seperti ini kita melakukannya.
وعن هشام قال: ربما سمعت بكاء محمد بن سيرين في الليل وهو في الصلاة.
Dari hisyam berkata: terkadang saya mendengar tangis muhammad bin sirin dimalam hari dan beliau dalam keadaan sholat.
والاثار في هذا كثيرة لا يمكن حصرها، وفيما اشرنا اليه ونبهنا عليه كفاية، والله اعلم.
Ucapan sahabat nabi dalam masalah ini banyak dan tak terhitung, apa yang telah Kami beritahu dan mengingatkan hal tersebut itu sudah Kami anggap sudah cukup.
قال الامام ابو حامد الغزالي: البكاء مستحب مع القراءة وعندها. قال: وطريقه في تحصيله ان يحضر في قلبه الحزن، بان يتأمل ما فيه من التهديد والوعيد الشديد، والمواثيق والعهود، ثم يتأمل تقصيره في ذلك، فان لم يحضر ه حزن و بكاء كما يحضر الخواص، فليبك على فقد ذلك فانه من اعظم المصائب.
Imam ghozali berkata: menangis Disunnahkan beserta membaca Al-Qur'an dan mendengar bacaan alquran, beliau (ghozali) berkata: cara agar bisa menangis adalah menghadirkan rasa sedih dalam hati, dengan berangan-angan apa isi dalam Al-Qur'an dari berita buruk, ancaman dan janji Allah SWT, kemudian berangan-angan kesembronoan yang telah dilakukan yang menyangkut isi dari alquran (intropeksi), Maka apabila tidak bisa menghadirkan rasa sedih dan tangis seperti halnya orang khos (khusus) maka menangislah karena tidak adanya rasa sedih dan tangis tersebut karena itu adalah musibah yang besar.
والله أعلم
مترجم
زين الله العارف
23042019
Tidak ada komentar:
Posting Komentar